Pertanyaan Seputar CDMA

Assalamu'alaikum Wr Wb
Jika kemarin saya bahas tentang GSM, kali ini saya akan bahas saudaranya yaitu CDMA, salah satu teknologi seluler yang ada di indonesia ini memang sekarang sudah mulai hilang. tapi sejak jamannya tidak dipungkiri bahwa CDMA memiliki pamor tersendiri di kalangan penggunanya.
Oke lanjut tentang pertanyaan serta jawaban seputar CDMA, silahkan di baca secara teliti, jika ada kesalahan mungkin itu murni dari saya sendiri, jadi saya mengharapkan feedback dari para pembaca semuanya ....


1. Apa yang dimaksud BTS ? (Novi Sutimah)
Jawaban :
BTS (  Base Transceiver Station ). Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu.


2. Apa fungsi operator CDMA ? (Lifia Amanda)
Jawaban :
Operator CDMA. Bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi.


3. Apa yang dimaksud dengan spreading code ? (Ine Srihayati)
Jawaban :
Spreading code merupakan proses perluasan media informasi dengan mengkode suatu sinyal informasi dengan sandi tertentu pada waktu dan frekuensi yang sama.


4. Apakah perbedaan CDMA dan GSM ?( Eka, Yuli , Wahyu, Timi)
Jawaban :
GSM (GLobaL System for MobiLe Communications)
Merupakan teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilah timeslot. GSM merupakan turunan dari teknologi Time Division Multiple Access (TDMA). Teknologi TDMA ini mengirimkan data berdasarkan satuan yang terbagi atas waktu, artinya sebuah paket data GSM akan dibagi menjadi beberapa time slot.Timeslot inilah yang akan digunakan oleh pengguna jaringan GSM secara ternporer (sementara).Maksud dan digunakannya timeslot secara temporer adalah timeslot tersebut akan dimonopoli oleh pengguna selama mereka gunakan, terlepas dan mereka sedang aktif berbicara atau sedang idle (diam).

CDMA (Code Division Multiple Access)
Berbeda dengan teknologi GSM, teknologi CDMA tidak menggunakan satuan waktu, melainkan menggunakan sistem kode (coding). Prinsip ini sesuai dengan singkatan CDMA itu sendiri, yaitu CodeDivision Multiple Access. Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung. Kode yang unik ini juga akan mengeliminir kemungkinan terjadinya komunikasi silang atau bocor.


5. Bagaimana konsep CDMA seluler ? ( Elita )
Jawaban :
suatu sistem tanpa kawat (wireless) yang dirancang dengan pembagian suatu area besar ke dalam beberapa sel kecil dengan pemancar yang tinggi, pemancar yang rendah pada setiap sel, dan pengulangan frekuensi dari satu sel ke sel lain setelah melewati beberapa sel.


6. Apa kekurangan dan kelebihan CDMA dibandingkan dengan GSM ? ( Dita veriani dan Aga Juliantiadi )
Jawaban :
Kelebihan :

  1. Memeneuhi kebutuhan komunikasi data dan suara tanpa kabel.
  2. Memiliki kapasitas kanal yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem lainnya.
  3. Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing-masing pemanggil 9600 bps bit rate.
  4. Meningkatkan call security. Keamanan menjadi sifat dari pendekatan spread spectrum CDMA, dan kenyataannya teknologi ini pertama dibangun untuk menyediakan komunikasi yang aman bagi militer.
  5. Mereduksi derau dan interferensi lainnya. CDMA menaikkan rasio signal-to-noise, karena lebarnya bandwith yang tersedia untuk pesan.

Kekurangan :

  1. Kelebihan teknologi berbasis GSM diindonesia adalah coverage yang luas dan roaming jelajah yang sangat luas baik dalam negeri bahkan seluruh dunia, sedangkan CDMA masih sangat terbatas.
  2. Selain itu adanya masalah optimasi cakupan karena cakupan CDMA dapat mengembang dan menciut. Gejala ini dikenal dengan istilah breathing. Pada kondisi normal dimana jumlah kanal/pengguna sesuai dengan rancangan maka derau dari pengguna lain tidak terlalu banyak. Tetapi pada saat jumlah kanal/pengguna meningkat pada beberapa sel, makaderau dari kanal/pengguna juga akan meningkat sehingga power control akan memerintahkan untuk menaikkan daya pancar.
  3. Dengan meningkatkan daya derau dari kanal/pengguna lain, maka kanal/pengguna ang lokasinya agak jauh dengan base station tentunya dapat kehabisan daya ancar (sudah maksimum) yang dapat mengakibatkan hubungan terputus. Akibat dari ini, secara sistem adalah menciutnya cakupan suatu sel. Bila beberapa sel yang berdampingan menciut maka daerah perbatasan antar sel tersebut menjadi tidak tercakup (blankspot).



7. Bagaimana pekembangan CDMA di Indonesia ? (Syahrul Amin)
Jawaban :
Sudah sampai teknologi EVDO atau Evolution-Data Optimized generasi ke-3, EVDO adalah layanan 3G untuk sistem CDMA.


8. Jelaskan prinsip dasar spread spectrum ? ( Sepriana )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal; TDMA, FDMA).


9. Bagaimana prinsip kerja dari jaringan CDMA ? ( M. Jahidin, Aji Pahmi R dan MNQ.Tamam )
Jawaban:
Cara kerja CDMA ini dapat dianalogikan dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar. Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain, karena tidak diketahui maknanya. Pada saat banyak yang berkomunikasi maka ruangan menjadi bising. Kondisi ini membuat ruangan menjadi tidak kondusif lagi untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, jumlah yang berkomunikasi harus dibatasi. Agar jumlah yang berkomunikasi bisa maksimal maka kuat suara tiap pembicara tidak boleh terlalu keras.


10. Mengapa ponsel CDMA lebih cepat panas dari pada ponsel GSM ? ( Tatang Suhamdeni )
Jawaban :
  • HP CDMA membutuhkan proses yang lebih banyak dibandingkan tehnologi GSM,
  • Adanya aplikasi yang berjalan terus menerus atau aplikasi yang tetap terus mengirimkan / menerima data,
  • Penangkapan Sinyal yang kurang,
  • Tidak sempurna-nya perangkat


11. Sebutkan apa sajakah komponen fisik dari sistem CDMA ? ( Ririn Rinasih dan  Tika Martiyani )
Jawaban :

  • User CDMA mobile device dapat berupa mobile phone, nonmobile phone,  computer, dan dll.
  • BTS (Base Transceiver Station) Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu
  • Operator CDMA bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi
  • Satelit Dash berfungsi sebagai penghubung antara pengiriman sinyal dari bumi ke satelit untuk suatu luasan yang sangat besar
  • Satelit berfungsi sebagai penghubung antara daerah-daerah yang jauh yang tak terjangkau oleh BTS dan stasiun-stasiun pemancar bumi.


12. Negara mana pegguna CDMA terbanyak? ( Yayat S. )
Jawaban :
Di Indonesia


13. Mengapa jangkauan CDMA masih sangat terbatas ? jelaskan ( Agus Salam )
Jawaban :
Karena jumlah pemancar CDMA masih sangat sedikit membuat jangkauan sinyal CDMA sangat terbatas.


14. Apa perbedaan CDMA dan GSM dari segi cara kerja penggunaannya ? (Maulana Harun Ar-Rosyid)
Jawaban :
perbedaan dari cara penggunaannya yaitu CDMA hanya bisa digunakan di salah satu daerah atau kota saja, jika ingin keluar daerah harus di daftarkan terlebih dahulu, sedangkan GSM bebas digunakan kemana saja.


15. Apa itu pseudo random noise ? ( Ryan Setiagi )
Jawaban :
Pseudo random noise merupakan deretan data berkecepatan tinggi yang berharga polar (-1 & +1) atau non polar (0 & 1).


16. Jelaskan prinsip data spectrum yang digunakan pada CDMA ? ( Al-Fuad Sulthan P. )
Jawaban :
penggunaan gelombang carrier mirip noise (PN) sehingga bandwidth yang dipergunakan lebih lebar daripada yang dibutuhkan untuk komunikasi point-to-point sederhana pada data rate sama.


17. Kenapa CDMA menggunakan sinyal analog ? ( Ade S. )
Jawaban :
Karena CDMA menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.


18. Apa perbedaan frekuensi yang digunakan antara CDMA dan GSM ? ( Ahmad Johan )
Jawaban :
Kalau CDMA menggunakan frekuensi 1900 MHz maka cakupannya hanya sekitar 2km dengan 800 MHz bisa sampai 5-6 km . Namun dengan frekuensi 450MHz bisa sampai 30 km bahkan 120km cakupannya dengan antena khusus. Sedangkan  frekuensi untuk GSM pada band frekuensi di range 1800 Mhz dengan frekuensi 1710-1785 Mhz sebagai frekuensi uplinks dan frekuensi 1805-1880 Mhz sebagai frekuensi downlinks. GSM dengan frekuensinya yang baru ini kemudian dikenal dengan sebutan GSM 1800, yang menyediakan bandwidth sebesar 75 Mhz (1880-1805 = 1785–1710 = 75 Mhz).

19. Kapan CDMA digunakan pertama kali di Indonesia ? ( Agung S. )
Jawaban :
Pada Desember 2002 oleh Flexi


20. Apa pengertian CDMA ? ( Jeli Nios )
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.


21. Kapan dibuatnya CDMA dan siapa pembuatnya ? ( M. Nandang )
Jawaban :
Tahun 1990 patennya diberikan kepada Qualcomm, Inc.


22. Apa Kepanjangan dari CDMA? (Ryan Hidayat)
Jawaban :
Kepanjangan CDMA adalah Code Division Multiple Access





Share on Google Plus

Siapa sih Ryan Setiagi ?

Seorang manusia ISLAM yang hobby main "GAME" dan nonton "ANIME" :3
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment