Fakta Menarik Tentang Bahasa Pemrograman PHP

PHP (Image:softwaysolutions.com)

PHP awalnya adalah singkatan dari Personal Home Page, namun PHP sekarang resmi dikenal sebagai “Hypertext Preprocessor” dirilis pada tahun 1995, awalnya ditulis sebagai Common Gateway Interface (CGI) di ‘C’ (1994).

PHP awalnya dirancang untuk mengganti skrip Perl untuk mempertahankan Personal Home Page (juga dikenal sebagai PHP).
PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, dia yang menulis script asli dari binari Common Gateway Interface (CGI).

Zeev Suraski dan Andi Gutmans, dua pengembang di Technion IIT, menulis ulang parsernya pada tahun 1997 dan membentuk dasar dari PHP 3.
PHP 3 secara resmi diluncurkan pada bulan Juni 1998.

Suraski dan Gutmans menulis ulang core PHP 3, menghasilkan Zend Engine pada tahun 1999. Mereka juga mendirikan Zend Technologies di Ramat Gan, Israel.

Pada tanggal 22 Mei 2000, PHP 4, didukung oleh Zend Engine 1.0, dirilis.

Pelaksanaan utama PHP sekarang diproduksi oleh PHP Group dan berfungsi sebagai standar de facto untuk PHP karena tidak ada spesifikasi formal.

Pada tanggal 13 Juli 2004, PHP 5 dirilis, didukung oleh Zend Engine II yang baru. PHP 5 memperkenalkan fitur lengkap untuk dukungan pemrograman berorientasi objek (PDO). Itu sebenarnya sudah ada di PHP 3 dan PHP 4 tapi hanya fitur mendasar.

Baru-baru ini fitur untuk versi beta dari PHP 7 sudah dirilis, tidak ada PHP versi 6. Pada PHP 7 nama engine nya diganti, bukan lagi Zend Engine x.x, namun PHP 7 menggunakan engine dengan nama PHPNG atau PHP#NG (Next Generation), PHP 7 menjanjikan kecepatan yang lebih baik.

PHP adalah perangkat lunak bebas/gratis yang dirilis dibawah lisensi PHP, yang tidak sesuai dengan GNU General Public License (GPL) karena pembatasan pada aturan penggunaan PHP.

PHP pada awalnya dirancang untuk membuat halaman web dinamis dan lebih interaktif. PHP adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan, open-source dan bahasa scripting untuk tujuan yang umum.

Hal tersebut membuat PHP bisa digunakan di sistem operasai apapun. PHP bisa digunakan di sistem operasi utama seperti Linux, Microsoft Windows, Mac OS X dan RISC OS.

PHP menggunakan pemrograman prosedural dan pemrograman berorientasi objek dan juga campuran dari keduanya.
PHP digunakan oleh CMS terkenal
(Image:webheavens.com)

PHP telah di instal di lebih dari 20 juta situs dan 1 juta web server. (PHP: 244juta situs, 2,1juta IP address), menurut situs PHP, 75% web 2.0 dibuat dengan PHP dan PHP digunakan oleh 81,7% dari semua situs yang menggunakan bahasa pemrograman server side.

Terdapat sekitar 5 juta pengembang PHP di seluruh dunia.

Rilis terbaru PHP hingga tulisan ini dibuat adalah versi 5.6.12 (6 Agustus 2015). Sedangakan PHP 7 masih versi beta, banyak perubahan yang dilakukan diantaranya adalah dengan konsisten mendukung 64 bit, adanya operator pembanding kombinasi (<=>), deklarasi tipe skalar, class anonymous, lihat fitur lengkanya di sini.

Beberapa situs besar seperti Facebook, ProProfs, Digg, Flickr, Technorati dan Yahoo dibuat dengan PHP, seperti dikutip dari laman improgrammer.net.

Sumber
Jurnal Web
Share on Google Plus

Siapa sih Ryan Setiagi ?

Seorang manusia ISLAM yang hobby main "GAME" dan nonton "ANIME" :3
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment