Tanya Jawab Seputar Bluetooth

wallpaper bluetooth

Assalamu'alaikum Wr  Wb

Posting kali ini saya akan share pertanyaan dan jawaban nya sekaligus tentang bluetooth, pertanyaan-petrtanyaan ini saya dapat dari teman sekelas. oke cekidot ...


1.       sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth ? (Bella)
Jawaban:
-          Enkripsi data
-          Autentikasi pengguna
-          Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)

-          Kontrol pengeluaran energi

2.       berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth ? (aga)
Jawaban:
Maksimal 10 meter

3.       bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan bluetooth ? (lana)
Jawaban :
-          Matikan bluetooth jika tidak digunakan
-          Aktifkan pengauran non-discoverable(tidak ditemukan), dan rubah jika melakukan transfer
-          Pasang antivirus

4.       apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ? (Agung& Yanti)
Jawaban :
Sinkron adalah komunikasi yang secara sertempak dalam waktu nyata ( Real Time ). Sedangkan komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara tunda.

5.       sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi ? (agus salam)
Jawaban :
Hindarkan benda-benda logam Jauhkan dari stasiun dasar telepon nirkabel, oven microwave, dan perangkat listrik lainnya yang beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz.

6.       selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan bluetooth dikehidupan sehari-hari ? (johan& Lifia)
Jawaban :
-          Handsfree
-          Mendengarkan Musik
-          Keyboard Bluetooth

7.       apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0 ? (jeli)
Jawaban :
BLE (Bluetooth Low Energy) Bluetooth dengan Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s.

8.       apa latar belakang dibuatnya bluetooth ? (yayat)
Jawaban :
Untuk mempermudah dan mempercepat transfer data dibanding dengan infrared yang masih banyak kelemahannya terutama di jarak dan kecepatan.

9.       adakah batasan transfer data pada bluetooth ? (ine)
Jawaban :
Hingga 1 Mbit/s

10.   jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth ? (ade & usman)
Jawaban :
Frekuensi hopping adalah salah satu dari dua teknik modulasi dasar yang digunakan dalam transmisisinyal spread spectrum. Ini adalah switching ulang frekuensi selama transmisi radio, sering untuk mengurangi efektivitas dari "perang elektronik" - yaitu, intersepsi tidak sah atau jammingtelekomunikasi.

11.   apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching ? (riska)
Jawaban :
Circuit switching merupakan metodologi penerapan jaringan telekomunikasi di mana dua node jaringan membentuk suatu saluran komunikasi khusus (sirkuit) melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi. Rangkaian menjamin bandwidth penuh dari saluran dan tetap terhubung selama sesi komunikasi. Fungsi sirkuit seolah-olah node secara fisik terhubung sebagai dengan sebuah rangkaian listrik.
Packet switching adalah jaringan metode komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan – terlepas dari konten, tipe struktur, atau – menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket. Packet switching fitur pengiriman variabel-bit-rate data stream (urutan paket) melalui jaringan bersama. Ketika melintasi adapter jaringan, switch, router dan node jaringan lainnya, paket buffer dan antri, mengakibatkan penundaan variabel dan throughput tergantung pada beban lalu lintas dalam jaringan.

12.   apa bedanya bluetooth dgn wifi ? (wahyu)
Jawaban :
1. Jangkauan -- Kisaran area wi-fi cukup luas yaitu sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Di sisi lain, Bluetooth memiliki jarak sekitar 30 kaki.
2. Standar -- Bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Sedangkan perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.
3. Instalasi -- Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana sehingga tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung mengaktifkan perangkat bluetooth lain untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membeli adaptor bluetooth. Berbeda dengan bluetootf, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi mengaktifkan jaringan, juga diperlukan router dan modem.
4. Akses -- Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Bluetooth hanya memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network), dan tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN),
5. Kecepatan Transfer -- Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, sedangkan wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.
6. Aplikasi -- Bluetooth digunakan untuk transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses printer dengan mengaktifkan bluetooth dari komputer Anda. Untuk wi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa perangkat lain dalam jaringan. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam area LAN. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin.

13.   jelaskan tentang sitem tdd (time division duplex) ? (alan)
Jawaban :
mengacu duplex pada hubungan komunikasi duplex di mana uplink dipisahkan dari downlink dengan alokasi slot waktu yang berbeda pada pita frekuensi yang sama. Ini adalah skema transmisi yang memungkinkan aliran asimetris untuk transmisi data uplink dan downlink. Pengguna dialokasikan slot waktu untuk transmisi uplink dan downlink. Waktu division multiplexing memisahkan uplink dan downlink sinyal dengan mencocokkan komunikasi full duplex melalui link komunikasi half-duplex. Metode ini sangat menguntungkan dalam hal ada asimetri kecepatan data uplink dan downlink. TDD membagi aliran data ke dalam frame dan memberikan slot waktu yang berbeda untuk meneruskan dan membalikkan transmisi, sehingga memungkinkan kedua jenis transmisi untuk berbagi media transmisi yang sama.

14.   bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared ? (khanif)
Jawaban :
-          Pertama
infrared menggunakan sinar untuk memancarkan sinyal ,seperti tv remote ,
sedangkan bluetooth menggunakan frekuensi radio (RF) (2,4 GHz) untuk membroadcast sinyal.
-          Kedua
infrared tidak dapat tembus benda yang menghalanginya untuk menjangkau receiver atau butuh pantulan ,karena sifatnya cahaya .
Namun bluetooth dapat menembus benda seperti dinding sejauh tidak memiliki skin depth yang tinggi.

15.   apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ? (jahidin)
Jawaban :
Fitur hemat daya saat penggunaan bluetooth.

16.   bluetooth digunakan pertama kali untuk ? (timi)
Jawaban :
alternatif pengganti salah satu konektor kabel.

17.   bluetooth dgunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya ? (hertiyanah)
Jawaban :
Sebagai pengganti kabel untuk modem, hanya saja menggunakan sinyal bluetooth sebagai perantara.
Caranya nyalakan bluetooth lalu sambungkan dengan modem lalu konfigurasikan.

18.   bagaimana perkembangan bluetooth saat ini ? (fuad)
Jawaban :
Bluetooth sudah sampai versi 4 dan menggunakan teknologi BLE yang hemat daya.
                                                                                        
19.   apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ? (elita)
Jawaban :
Menyesuaikan data pada perangkat dengan bluetooth.

20.   cara  menenskripsi data dibluetooth ? (Agi& Sepriana)
Jawaban :
Pertama aktifkan bluetooth lalu, pilih pengaturan enskripsi lalu tambahkan pin atau password.

21.   bagaimana penamaan pada perangkat bluetooth ? (bahri)
Jawaban :
Penamaannya tergantung dengan perangkat bluetooth yang digunakan. Setiap perangkat bluetooth memiliki penamaan yang berbeda.

22. apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth ? (eka)
Jawaban :
Fitur-fitur tersebut menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN.

23. apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multi point. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth ? (ririn)
Jawaban :
Point to point berarti komunkasi dari satu perangkat ke satu perangkat lainnya, sedangkan point to multipoint adalah komunikasi dari satu perangkat ke banyak perangkat lainnya. Perbedaanya pada banyak perangkat yang terhubung.

24. bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ? (tika)
Jawaban :
Sangat rentan terserang virus, jadi lebih diutamakan memakai antivirus


25. kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi ? (dita)
Jawaban :
Karena bluetooth menggunakan gelombang radio yang dapat menembus suatu penghalang seperti dinding. Jadi tidak perlu menggunakan Line Of Sight (LOS).


Share on Google Plus

Siapa sih Unknown ?

Seorang manusia ISLAM yang hobby main "GAME" dan nonton "ANIME" :3
    Blogger Comment

4 komentar: